Aneka Kopi

Hasil gambar untuk Aneka Kopi

 

 

Kali ini yang akan saya bahas adalah kopi. Kalau kita perhatikan, warung kopi akrab dengan berbagai kalangan, mulai dari hotel – hotel mewah hingga warung – warung kecil di tepi jalan. Bahkan masing – masing negara mempunyai minuman kopi yang khas.

Di Italia misalnya, kita mengenal cappuccino dan espresso. Disebut cappuccino karena berwarna cokelat muda, mengingatkan orang pada jubah para biarawan dari ordo Capuchin. Kepopuleran teh dan kopi membuat orang tertarik untuk berkreasi dengan kedua bahan ini. Selain sebagai minuman, ternyata teh dan kopi juga dapat di olah menjadi makanan yang lezat. Teh dapat diolah menjadi puding, cake, bahkan campuran masakan seperti gulai, salad, atau saus, sedangkan kopi lebih banyak untuk dessert dan cake.

Kopi berasal dari Ethiopia yang kemudian disebarkan ke Eropa oleh para pedagang Arab. Indonesia mengenal kopi ketika dijajah Belanda. Pada saat itu orang Belanda membuat perkebunan kopi di Indonesia, dengan sistem tanam paksa. Buah kopi biasanya dipanen ketika sudah berwarna merah. Buah yang masih berwarna hijau, kemduain menguning dan jika sudah tua berwarna merah.

Ada dua jenis kopi, yaitu arabica dan robusta. Biji kopi arabica berbentuk bulat panjang dan datar. Cita rasanya ringan dan lebih beraroma. Robusta lebih mudah ditanam, tetapi kualitasnya lebih rendah. Bijinya berbentuk lebih cembung dari arabica dan tidak berarturan. Mengandung lebih banyak kafein dan rasanya lebih pahit. Pohon kopi yang ditanam di Indonesia umumnya dari jenis robusta.

Variasi kopi

Ada aneka bentuk kopi yang dijual di pasaran, mulai dari yang masih berbentuk biji, bubuk sampai instan. Ada banyak pilihan merek dan rasa, seperti kopi susu, kopi jahe, kopi gingseng, bahkan cappuccino pun ada. Cappuccino adalah  snack takjil di jakarta salah satu jenis kopi espresso, kopi hitam ala Italia, yang diberi topping susu yang dipanaskan di mesin kopi espresso sehingga tampak seperi krim atau berbusa. Kadang – kadang ditaburi dengan cokelat bubuk. Espresso biasanya diminum sesudah makan malam, selain cappuccino, ada jenis espresso yang disebut ristretto, espresso kental dan pekat yang biasanya hanya disajikan setengah cangkir. Ada lagi ristretto yang ditambah susu cokelat dan disebut macchiato.

Leave a Reply