kampoeng kurma

Progres Kebun Kurma Di Thailand

Tak bisa dipungkiri, soal urusan memperlakukan pengembangan buah dalam Negeri, pemerintah Thailand bisa dibilang selangkah lebih maju ketimbang Indonesia. Tak hanya buah lokal mereka, banyak varietas buah dari luar negeri dikembangkan serius agar bisa diproduksi massal di Negeri Gajah tersebut. Tahukah anda ? di Thailand sejak beberapa tahun terakhir sudah serius mengembangkan kebun kurma di Thailand agar bisa ditanam petani mereka.  Pengembanga buah kurma di Thailand pun dilakukan dengan serius dengan dukungan Pemerintah, keberhasilan penanaman kurma di Thailand tak lepas dari keahlian petani negara tersebut yang dibawa mereka selama bekerja di Israel. Orang Thailand kan banyak sekali yang bekerja di perkebunan kurma di Israel, sudah terkenal di Israel banyak pekerja perkebunan dari Thailand. Jadi ilmunya pas mereka pulang dibawa ke Thailand.

kampoeng kurma

   Dengan pesatnya perkembangan kebun kurma di Thailand tersebut, membuat Thailand kini  mempersiapkan diri mereka untuk menjadi produsen kurma dunia. Bahkan target pasarnya pun yakni beberapa negara tetangga pengonsumsi kurma utamanya Indonesia. Hal ini tentu menjadi sebuah ironi bagi bangsa ini. Ketika hampir setiap Ramadhan permintaan kurma melonjak pesat dikarenakan mayoritas penduduk kita muslim, negara kita harus mengimpornya dari negeri tetangga. Hal inilah yang menjadi salah satu kegelisahan kami, sebuah perusahaan yang menggagas ide tentang pendirian kampung kurma di berbagai daerah di nusantara.

melalui kampoeng kurma

Untuk mewujudkan adanya perkembangan  kebun kurma yang ada di Indonesia tersebut,   PT Kampung Kurma selaku pengembang berharap pengelolaan kampung kurma di berbagai daerah tersebut mampu mengikuti atau bahkan menyusul kesuksesan  kebun kurma di Thailand. Tekad keseriusan tersebut dibuktikan dengan adanya studi banding yang dilakukan tim riset & development kami ke Thailand. Tim dari manajemen kami tersebut belajar tetang bagaimana pembudidayaan kurma yang tepat agar mampu bersaing dengan kurma-kurma dari kawasan Timur Tengah. Semoga dengan usaha tersebut bisa membuat pembudidayaan kurma tropis di Indonesia semakin baik. Karena bisa kita lihat sendiri saat ini pembudidayaan untuk komoditas kurma sendiri belum digarap dengan maksimal di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dengan belum adanya pihak yang menggarap dengan serius dengan menggunakan lahan perkebunan kurma dengan skala berhektare-hektare untuk kebutuhan komoditas pangan dalam negeri. Sehingga  kami dalam hal tersebut  menjadikan budidaya kurma tropis menjadi sebuah potensi yang maksimal sehingga mampu memproduksi kurma dalam skala besar di Indonesia

bersama kampoeng kurma

Leave a Reply