PT Kampoeng Kurma

6 Langkah Budidaya Kurma Tropis Di Indonesia

Beberapa tahun terakhir ini, mendengar nama Kurma Tropis bukanlah sesuatu yang asing lagi. Pohon Kurma Tropis adalah jenis yang baru dan cukup asing bagi pecinta buah istimewa ini, khususnya yang berada di Indonesia. Buah kurma tropis pertama kali ditemukan di Thailand, pohon kurma jenis ini mampu beradaptasi dan menghasilkan buah yang bagus. Bahkan budidaya kurma jenis ini di Thailand sudah dilakukan dalam skala orchad dan sudah mampu memenuhi permintaan sejumlah pasar besar termasuk Indonesia.

Kurma Tropis adalah jenis kurma yang mampu tumbuh dan berbuah di negara-negara tropis seperti Indonesia. Kurma jenis ini cukup unik, pohonnya lebih pendek, tinggi pohonnya rata-rata mencapai 100 cm hingga 200 cm. keunikan yang menjadi daya tarik lain dari Kurma Tropis adalah pohonnya mulai belajar berbuah di usia 3-4 tahun, waktu yang cukup singkat.

pt kampoeng kurma

Jika anda termasuk dalam orang-orang yang berminat menanam Kurma Tropis Di Indonesia, maka ulasan ini mungkin bisa menambah pengetahuan anda tentang Kurma Tropis Dan Cara Budidaya-nya. Inilah langkah-langkah yang bisa anda jadikan pedoman dalam menanam Pohon Kurma Tropis:

  1. Sediakanlah lahan. Dalam proses budidaya melalui pt kampoeng kurma tropis di Indonesia, hal ertama yang harus anda lakukan adalah menyediakan lahan tentunya. Siapkan lubang dengan kedalaman 60 x60 cm dan berilah jarak di antara setiap lubang lebih kurang 7 x 7 meter. Jarak dan lubang ini berfungsi untuk menghindarai saling berhimpitnya pelepah kurma satu sama lain saat pohonnya sudah tinggi dan besar. Anda juga harus menyiapkan pupuk demi menghasilkan buah yang optimal.

 

  1. Diamkan lobang dan beri pupuk. Setelah membuat lubang dengan jarak tersebut di atas, maka langkah selanjutnya adalah diamkan selama 3 hari. Ini berfungsi agar lubang mendapatkan sinar matahari. Setelah 3 hari, masukkanlah pupuk yang tadinya sudah anda siapkan, lalu tanamlah bibit kurma anda.

 

  1. Perawatan yang dimaksud disini adalah penyiraman Kurma Tropis secara rutin. Pada awal penanaman kurma muda sangat membutuhkan air, setelah kurma muda mulai tumbuh 3-5 cm, anda harus segera menyediakan pupuk. Pupuk kurma muda terbagi 2, yaitu pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk dasar merupakan campuaran pupuk kandang dan sekam, yang harus ditabur ke dalam lubang sebelum penanaman bibit kurma.

 

  1. Pupuk Susulan. Pupuk susulan adalah pupul yang diberikan saat pertumbuhan tanaman mulai terlihat. Pada pemupukan susulan, pupuk yang digunakan adalah NPK yang diberikan 3 kali dalam setahun. Pertama, pada saat kurma dalam fase vedetatif diberikan 1 kg pupuk NPK, dan dianjurkan dengan pemberian seimbang yakni 15:15:15. Kedua, pemberian 50 kg pupuk kandang ayam dan 30 kg ppuk andang sapi pada setiap kurma betina, sedangkan kurma jantan dianjurkan memberikan 20 kg pupuk kanang sapi. Ketiga, berikan pupuk susulan berupa NPK secara seimbang dengan kadar yang lebih tinggi dibanding sebelumnya yakni 24:24:24.

 

  1. Fase selanjutnya setelah selesai pemupukan adalah pembuahan. saat pohon kurma telah berbungan, maka akan kelihatan jenis kelaminnya. Bunga Kurma Jantan cenderung berwarna putih, kelopak bunganya putih, dan ukurannya kecil-kecil, bila tidka terdapat ciri-ciri ini, maka bisa dipastikan itu adalah kurma betina. Kurma Betina harus dibuahi oleh kurma jantan, caranya cukup dengan memotong ujung kulit mayang pohon kurma jantan, kemudian diserbukkan ke bunga kurma betina. Cara penyerbukan ini ialah ambillah bunga jantan, kemudian selipkan di antara bunga betina dan ikat selama 1-2 hari.

 

  1. Seleksi Buah Kurma. Tahap ini merupakan tahap yang terakhir. Apabila pohon kurma anda mulai berbuah, bungkuslah demi menghasilka buah yang bagus. Pembungkusan dimaksudkan untuk menghindari hujan dengan intensitas tinggi, serta agar terhindar dari serangan hama. Lakukanlah pembungkusan sebanyak 3 lapis. Lapisan pertama, yaitu plastic transparan, ini berguna untuk menghalangi air hujan yang bisa merembes ke dalam tandan. Lapisan kedua dan ketiga adalah berupa jaring plastic dan kertas. Jaring plastic dan kertas ini berfungsi untuk melindungi buah dari serangan burung dan serangga yang bisa menjadi salah satu penyebab gagal panen.

Demikianlah uraian singkat mengenai langkah-langkah budidaya kurma dan perawatannya dari awal pembibitan hingga perawatan. Meskipun anggapan kurma tidak bisa tumbuh di Indonesia sudah terbantahkan, namun tetap saja kualitas buah adalah yang utama. Anda harus telaten dan banyak belajar tentang tumbuhan kurma, agar kualitas buah yang dihasilkan tidak terlalu jauh bila dibandingkan dengan kurma dari Timur Tengah. Selamat mencoba.

melalui pt kampoeng kurma

Leave a Reply