Begini Cara Lengkap Melacak Ponsel Android Yang Hilang

Nasib naas bisa menimpa siapa saja, tidak kenal tempat dan waktu. Kalau dihubungkan dengan masalah handohone, kejadian naas yang tidak dikehendaki tersebut  contohnya ponsel kesayangan kamu jatuh, atau mungkin tersiram air dan lain sebagainya.

JIka suatu saat ponselmu hilang atau dicuri, segera tenagkan dulu dirimu dan kemudian coba tips dalam tulisan ini yang membahas tentang cara melacak HP Andorid yang hilang. Hilang yang Admin maksudkan di sini bisa berarti hilang karena lupa meletakkan di mana, hilang karena dikerjain teman atau hilang bisa juga karena dicuri.

Metode yang akan dilakukan dalam usaha pelacakan ini adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan yang sudah tertanam di setiap ponsel Android, yaitu Android Device Manager atau sering disingkat ADM saja. Dengan fitur canggih ini, kamu nantinya dapat mengontrol perangkat dari jauh dengan tiga opsi; menghapus, mengunci atau menderingkan ponsel yang hilang tersebut. Langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini bisa kamu simak berikut ini.

1 – Buka Browser Google Chrome di laptop atau PC, kemudian ubah modenya menjadi Incognito Mode, selanjutnya buka Android Device Manager.

2 – Lalu silahkan login menggunakan akun Google yang tersinkron dengan smartphone yang hilang

3 – Nanti stelah berhasil login, akan muncul jendela konfirmasi, pilih saja Terima.

4 – Setelah itu akan muncul tiga pilihan menu yaitu Deringkan, kunci dan hapus. Silahkan pilih sesuai dengan yang kamu inginkan. Adapun fungsi masing-masing menu tersebut adalah:

* Deringkan: Handphone akan mengeluarkan suara deringan keras, walaupun tadinya si ponsel telah diatur dalam mode senyap.

* Kunci: Fitur ini akan mengunci layar ponsel sehingga si pencuri tidak bisa mengotak-atik HP tersebut.

* Hapus: Kalau ini sudah jelas, jika kamu memilih menu ini, maka semua data yang tersimpan di ponsel akan terhapus. Ini bermanfaat sekali jika kamu mempunyai data penting yang tersimpan pada smartphone yang hilang tersebut.

Tips di atas kemungkinan akan bekerja jika syarat-syarat berikut terpenuhi. Ada 5 poin yang perlu terpenuhi agar trik tersebut bisa berjalan, yaitu:

  1. Kamu masih bisa mengakses akun Google yang ter-sinkron pada ponsel yang hilang
  2. Handphone yang akan dilacak berada dalam posisi nyala atau ON
  3. Smartphone terkoneksi dengan internet yang lancar
  4. HP belum direset
  5. Fitur GPS sedang aktif pada ponsel, karena jika tidak lokasi yang ditunjukkan pada ADM tidak akurat.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan melacak ponsel Android yang hilang? Di sisi lain, mencegah pasti akan lebih baik daripada kena, untuk itu jagalah baik-baik HP kesayanganmu, jangan sampai berpindah tangan atau dicuri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply